Advertisement

iklan

EUR/USD 1.087   |   USD/JPY 149.210   |   GBP/USD 1.272   |   AUD/USD 0.655   |   Gold 2,160.57/oz   |   Silver 25.31/oz   |   Wall Street 38,790.43   |   Nasdaq 16,103.45   |   IDX 7,344.13   |   Bitcoin 67,548.59   |   Ethereum 3,517.99   |   Litecoin 87.11   |   McDonald's (NYSE:MCD) mengalami masalah teknologi global yang signifikan pada hari Jumat, menyebabkan gangguan operasional di berbagai lokasi internasional, termasuk AS, Australia, Inggris, Jepang, dan Hong Kong, 3 jam lalu, #Saham Indonesia   |   S&P 500 turun 0.1% menjadi 5,207, sementara Nasdaq 100 turun 0.3% menjadi 18,181 pada pukul 19:06 ET (23:06 GMT). Dow Jones turun tipis menjadi 39,218, 3 jam lalu, #Saham AS   |   Michael S. Dell, CEO Dell Technologies Inc (NYSE: DELL), baru-baru ini telah menjual sejumlah besar saham di perusahaan tersebut. Ia membuang saham senilai lebih dari $145 juta dalam serangkaian transaksi, 3 jam lalu, #Saham AS   |   Reddit dan YouTube Google menghadapi tuntutan hukum yang meminta mereka bertanggung jawab karena membantu memungkinkan supremasi kulit putih membunuh 10 orang kulit hitam pada tahun 2022, 3 jam lalu, #Saham AS

Kesalahan Terbesar Trader Adalah Over Trading

Penulis

Overtrading sering kali disebabkan oleh trading yang penuh emosi. Kesalahan ini sangat umum dilakukan oleh trader pemula. Bagaimana cara menghindarinya?

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Over-trading (terlalu banyak membuka posisi trading) biasanya disebabkan oleh cara trading yang emosional, dan sangat umum dilakukan para trader forex, terutama para trader pemula yang belum banyak pengalaman tradingnya. Mereka yang hasil tradingnya tidak konsisten dan cenderung sering mengalami loss biasanya telah over trading tanpa disadarinya.

Kesalahan Terbesar Trader

 

Contoh Over Trading

Misalnya, seorang trader telah sepakat untuk trading hanya pada chart Daily. Tetapi karena mungkin kurang sabar, ia mencoba melihat kondisi pasar pada time frame yang lebih rendah, misalnya chart 15 menit, dan menemukan peluang untuk buka posisi. Karena kurang memahami metode trading pada chart daily seperti metode price action, trader tersebut kemudian cenderung tergoda untuk selalu menggunakan time frame rendah (di bawah Daily) pada tradingnya. Time frame rendah seperti M10 atau M15 memberikan banyak peluang entry, tetapi probabilitasnya rendah.

Contoh lain, misalnya ketika seorang trader baru saja mendapatkan profit ia cenderung buka posisi lagi akibat rasa percaya diri yang berlebihan atau mengalami euforia pasca profit. Masalahnya, mereka tidak sadar telah melakukan trade yang cenderung berlebihan ketika sedang tergoda untuk membuka posisi baru.

 

Mencegah Over Trading Dengan Membuat Trading Plan

Karena faktor emosi sering sangat mempengaruhi cara trading kita dan relatif sulit untuk dilacak, maka kita harus melawan emosi ini dengan membuat rencana dan strategi trading di luar jam trading. Cara membuat rencana trading bisa Anda simak di artikel berikut ini.

Rencana dan strategi trading dibuat sebelum kita masuk pasar, dan dilaksanakan dengan benar dan sabar, serta tanpa keterlibatan emosi. Dengan demikian, kita bisa terhindar dari kebiasaan over trading sekaligus meningkatan kualitas setiap posisi trading yang dibuat.

 

Mencegah Over Trading Dengan Metode Price Action

Cara trading dengan menerapkan metode price action yang benar akan mencegah kita untuk over trading, karena kita tahu persis apa yang kita cari pada pergerakan harga dalam setiap kondisi pasar. Kita hanya akan masuk pasar jika setup price action benar-benar telah valid.

Berikut dicontohkan penerapan metode price action pada chart EUR/USD daily yang sedang konsolidasi (kondisi pasar ranging).

Kesalahan Terbesar Trader Adalah Over

  1. Pada poin 1., terlihat 2 buah inside bar terbentuk dekat dengan level support pada 1.4050-1.4000. Setup ini cukup valid karena level support tersebut telah diuji pada bar yang terbentuk beberapa hari sebelumnya, dan faktor konfluensi (pertemuan) antara price action dan level support ini makin memperkuat validitasnya. Sehingga, kita bisa open buy dengan risk/reward ratio yang memadai.
  2. Pada poin 2, dekat dengan level support tersebut terbentuk bullish pin bar. Karena level support ini cukup signifikan, kita bisa kembali masuk posisi buy.
  3. Pada poin 3, tampak bearish pin bar yang formasinya terbentuk bersamaan dengan momentum penurunan harga harga beberapa hari sebelumnya. Berbeda dengan poin 1 dan 2, kali ini jika kita buka posisi sell kita mesti melihat level support yang signifikan tersebut sebagai level take profit, sehingga risk/reward ratio-nya kecil. Bagi trader yang sudah berpengalaman dengan metode price action, sangat mungkin tidak masuk pasar untuk setup seperti di atas, karena harus open sell pada level yang dekat dengan level support yang signifikan.
  4. Pada poin 4, terbentuk lagi bullish pin bar dekat dengan level support yang signifikan, sehingga setup ini cukup valid dan kita bisa open buy dengan risk/reward ratio yang memadai.
  5. Pada poin 5 ini, tampak dua pin bar. Walaupun formasinya sudah benar, tetapi kurang valid karena tidak didukung oleh faktor konfluensi seperti level support atau resistance yang signifikan, sehingga pin bar tersebut dikatakan ‘mengambang’ (hanging). Trader yang telah mahir dengan price action, sangat mungkin tidak masuk pasar.

Dari contoh di atas, terlihat bahwa dengan metode price action, frekuensi trading kita dalam sebulan memang rendah, tetapi probabilitasnya cukup tinggi. Kita tidak akan over trading karena hanya akan masuk pasar jika memang kondisi pasar mendukung.

 

Hal Lain Yang Bisa Menyebabkan Over Trading

Sebelum terjerumus ke dalam over trading, ada baiknya kita mengenali faktor-faktor yang memicunya.

 

Membuka posisi trading pada beberapa pasangan mata uang yang korelasinya positif.

Misalnya membuka posisi buy pada mata uang EUR/USD dan GBP/USD yang korelasi pergerakannya sama (positif), sehingga secara tak langsung kita telah menggandakan posisi yang berarti juga menggandakan faktor resiko kita. Jika pada pergerakan harga kedua mata uang tersebut terbentuk setup price action yang sama, kita mesti memilih salah satu yang lebih valid.

Mungkin pada pasangan mata uang yang korelasi pergerakannya tidak sama, kita bisa membuka posisi sama pada keduanya. Misal buy EUR/USD dan buy USD/CHF, asalkan setup price action keduanya benar-benar valid.

Tetapi sebaiknya tetap dipilih setup yang terbaik untuk tidak menambah faktor resiko dalam trading, dan disesuaikan dengan equity pada account kita serta trading plan yang telah dibuat.

 

Menggunakan Leverage terlalu tinggi (over-leveraging).

Dengan leverage yang besar, maka margin kita kecil. Dengan demikian, kita akan cenderung untuk tergoda membuka posisi, walaupun mungkin tanpa disadari nilai per pip-nya cukup besar dengan ukuran lot yang kita pilih menurut risk management yang telah kita sepakati.

 

Melakukan analisa pasar yang berlebihan (over-analyzing).

Terlalu banyak informasi dari berita ataupun opini (faktor fundamental) atau penggunaan beberapa indikator secara bersamaan (faktor teknikal) bisa menyebabkan analisa yang berlebihan dan kecenderungan tergoda untuk membuka posisi trading lebih banyak. Over-analyzing bisa menyebabkan prediksi yang berlebihan, sehingga kita cenderung untuk mengendalikan pasar. Hal ini semestinya kita hindari. Yang harus kita lakukan adalah mengendalikan diri sendiri dengan tidak mencoba mengendalikan kondisi pasar.

100763
Penulis

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.


Sandy Yuliawan
overtrading maksudnya menambah posisi masuk yang diluar rencana karena pengaruh emosi. apa menambah lot trading atau melebarkan resiko dalam satu posisi karena emosi yang berlebih juga bisa dikatakan sebagai overtrading? jadi disini yang ditanyakan bukan dari jumlah opennya, tapi ukuran dan resiko tradingnya yang ditambah diluar rencana...
Martin S
@ Sandy Yuliawan:
Ya, benar, memperbesar lot bisa dikatakan over trading karena sama saja seperti Anda membuka posisi yang sama sebanyak kelipatan lot yang Anda tradingkan sebelumnya.
Arifin Yahya
Membuka posisi sama di 2 pair yg korelasinya gg sama itu, apa namanya bukan hedging? Ditambahlagi, kalau buka di 2 pair dgn mengandalkan korelasi itu berisiko over trade, kenapa banyak yg bilang ini sebagai slh satu alternatif trading yg banyak d sarankan?
Trus supaya tidak over trade bagaimana caranya?
Apa kita tetep lebih baik trading di 1 pair aja?
Martin S
@ Arifin Yahya:
Kalau korelasinya tidak sama misalnya buy EUR/USD dan buy USD/CHF, itu bisa dilakukan dan memang termasuk hedging. Dan strategi hedging tidak dianggap over trading asalkan dilakukan sesuai dengan konsisi pasar saat itu.
Aurelia
maaf sya kurang mengerti dengan maksud disini:
mungkin tanpa disadari nilai per pip-nya cukup besar dengan ukuran lot yang kita pilih sesuai risk management yang telah kita sepakati. sebelumny sya cukup faham dgn keinginan overtrade jika leveragenya besar. tapi utk bagian setelahnya ity sya jadi krng mngerti. tolong jika bisa lebih dijelaskan lagi & diberi contoh.
terima ksh
Martin S
@ Aurelia:
Maksudnya membuka posisi dengan ukuran lot yang lebih besar, sehingga nilai per pip-nya lebih besar dibandingkan kesepakatan kita sebelumnya untuk ukuran resiko.
Achmad Fahrezi
Betul mmg bnr analisa itu yg biasa2 sja. Memang kdng mengasyikkan analisa itu. Terutama klau kta hbs profit yg scr otomatis jg membuktiin kl analisa kt bener. Pst kt makin tegoda bwt analisa lg utk membuktikan kemampuan. Pdhl yg sprti ini mlh resikony bisa mengada2kan sinyal dn memvalid2kan sinyal yg sebetulny biasa aja. Dan krn sudah punya ego yg bsr krn hbs menang, dorongan bwt masuk lg brdsrkn analisa yg kyk gt pst lbh besar jg. Blm lg soal pngtrn manajemennya. Bs2 jg nggak terlalu diurusin krn sdh keasyikan dan kepedean sm analisany sendiri.. Hehehe
Rudi Wicahyo
bagaimana seumpamanya ane trading pin bar di tf yang lebih kecil? apa tetep kecil peluang profitx karna pin bar di tf kecil sifatx bisa jadi kurang valid?

kalo bisa seumpama sinyal pin bar muncul kaya gitu di tf hourly apa masih sah diambil sbg sinyal entry? berarti kan otomatis itu membuka peluang buat op tiap berapa jam sekali dalam sehari itu? yg seperti itu namax bukan overtrading kan ya? karena sudah ada sinyal yg mendukung?
Martin S
@ Rudi Wicahyo:
Bisa saja, tetapi menurut saya peluang profitnya memang lebih kecil dari time frame daily karena faktor noise pada time frame rendah. Pada time frame berapa saja, asalkan sinyal pin bar tersebut valid, Anda bisa entry dan bukan termasuk over trading karena memang berdasarkan sinyal yang valid.