Tahapan Menjadi Seorang Trader (2) Pasar Valas

98886

Untuk menjadi seorang trader tidak mudah. Anda harus memahami seluh beluk pasar valas, bagaimana cara trading, hingga mengendalikan psikologi untuk meraih sukses.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Mengenal apa itu Perdagangan Valas

Pasar valuta asing atau disingkat dengan  valas merupakan suatu jenis perdagangan atau transaksi yang memperdagangkan mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya yang melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan.

Pergerakan pasar valuta asing berputar mulai dari pasar Selandia Baru dan Australia yang berlangsung pukul 05.00–14.00 WIB, terus ke pasar Asia yaitu Jepang, Singapura, dan Hongkong yang berlangsung pukul 07.00–16.00 WIB, ke pasar Eropa yaitu Jerman dan Inggris yang berlangsung pukul 13.00–22.00 WIB, sampai ke pasar Amerika Serikat yang berlangsung pukul 20.30–10.30 WIB. Dalam perkembangan sejarahnya, bank sentral milik negara-negara dengan cadangan mata uang asing yang terbesar sekalipun dapat dikalahkan oleh kekuatan pasar valuta asing yang bebas.

mengenal pasar valas
Menurut survei BIS (Bank International for Settlement, bank sentral dunia), yang dilakukan pada akhir tahun 2004, nilai transaksi pasar valuta asing mencapai lebih dari $1,4 triliun per harinya. Sekarang sudah 2012 tentu nilai transaksinya jauh lebih besar dari tahun 2004.

Mengingat tingkat likuiditas dan percepatan pergerakan harga yang tinggi tersebut, valuta asing juga telah menjadi alternatif yang paling populer karena ROI (return on investment atau tingkat pengembalian investasi) serta laba yang akan didapat bisa melebihi rata-rata perdagangan pada umumnya. Akibat pergerakan yang cepat tersebut, maka pasar valuta asing juga memiliki risiko yang tinggi.

Mengenal Medan Pasar melalui Akun Demo

Jika anda sudah mulai memahami tentang valas dan anda ingin mengetahui bagaimana perdagangan ini dilakukan. Maka selanjutnya bisa membuka akun demo dari perdagangan ini. Umumnya tiap broker memfasilitasi penggunaan akun demo sebagai salah satu tawaran dan memperkenalkan bagaimana cara kerja dari perdagangan ini. Akun demo ini penting karena dengan akun demo ini Anda pemula bisa dengan lebih mudah untuk mengerti, memahami, serta melihat aktualisasi secara real tentang bagaimana perdagangan valas dilakukan.

Akun demo ini memperlihatkan bagaimana pergerakan dari mata uang dipasar, dengan data yang ditampilkan adalah data sebenarnya. Bagi pemula maka berlatih diakun demo adalah sangat perlu  sebelum benar benar terjun dengan penggunaan yang sebenarnya. Pengenalan akun atau software trading ini menjadi sangat penting bagi mereka yang berminat dan ingin menekuni perdagang ini untuk selanjutnya. Hal ini perlu dilakukan untuk menunjang  kerja di waktu yang akan datang.

Disisi lain kegunaan dan keuntungan broker atau pialang yang menyediakan akun demo adalah demi pembelajaran bagi trader pemula, untuk menguji indikator atau analisa yang sekiranya diperlukan. Jika saja  menganggap remeh simulasi atau demo account, maka jangan salahkan jika saat terjun ke pasar langsung dengan modal yang sesungguhnya anda banyak menemukan hal yang membingungkan atau bahkan kehilangan modal dalam waktu sekejap.

Trading tidak sekedar BUY/SELL saja, tapi pelu kematangan dalam menentukan open posisi trading. Maka dari itu manfaatkanlah akun demo trading ini untuk melatih kecererdasan untuk menjadi seorang trader.

Berapa lama Menggunkan Akun Demo ?
Tak ada batasnya. hanya saja jika seorang pemula  sudah siap menggunakan uang yang sesungguhnya, maka akun demo sudah bisa di tinggalkan.

Mulai terjun di dunia trading akhir tahun 2009. Pertama kali belajar konsep Money Management dari seorang trader Jepang, kemudian berlanjut otodidak. Strategi trading berpatokan pada level Support dan Resistance (Supply and Demand), dengan dasar High Low yang pernah terjadi, ditunjang range market yang sedang berlangsung dan pembatasan risiko.


Tama Sutarman
Yg masih ambigu memang saat trader mulai siap meninggalkan demo. Itu apa indikasinya? Kalau disebutkan secara teknis saja, maka jelas akan krg mewakili karna yg paling penting disini sebenarnya adalah kesiapan mental dari si trader itu sendiri. Selain itu juga kesiapan menghadapi resiko loss yg nyata, krn kesiapan menghadapi resiko resikoan & resiko beneran itu jelas beda.
Hozni F
akun demo mang penting, tp krn profitna gbs ditarik jadina bnyak yg g sabaran pas make akun demo. udah porfit banyakan dikit udah keburu pindah ke live aja... soalna pengen cepet2 bisa narik profti.. padaal belom tentu di live bisa profit juga... yg jelas kalo belom ngerasa trading udah bisa disiplin sama sistem, mending jngan buru2 masuk ke live dulu. biarin profit g bisa ditarik, anggep aja tu cuma sebagai pengukur keberhasilan proses belajar dulu.... jangan buru2 gampangin akun demo intina...
Om Nugrohoo
Suka heran sama yang suka sepelekan akun demo
Ane enjoy aja tuh di akun demo. Malah walopun ane uda pindah ke real masi suka main ke akun demo buat nguji2 sistem baru
Mungkin ini ada hubungan nya sama anggapan demo cuman buat pemula
Makanya terus pada pengen cepet pindah ke real karena selain mau dapet profit real juga mau cepat dibilang naik level. Padahal trader yang udah master pun kadang masih pake demo buat ngetes2 strategi
Menurut ane ada tawaran bagus n gratis kenapa gag dimanfaatin aja.
Toh itu juga banyak bantu baik sebelum atau sesudah jadi trader forex sungguhan
Riosukmawan
sesi trading amerika rasax ndak sependek itu. bukanx semuwa jam trading itu durasix sekitar 8 jam ngikuti jam kerja? jadi mestix kalau pasar Amerika ya ndak mungkin cm 2 jam. ini ada contoh jam trading dari sesi sesi di macam macam negara waktu indonesia barat. tuh pasar amerika dari jam 7 malem sampe jam 3 pagi

Fahmi Dirgantara
Pengamatan anda benar. Pasar New York memang harusnya buka hingga dini hari. Mungkin yang ingin disampaikan di atas itu adalah waktu tersibuk dari sesi trading harian, yaitu ketika terjadi overlap pasar London dengan New York yang memang terjadi di jam-jam itu. Jika melihat chart yang anda berikan, maka sesi overlap itu terjadi dalam rentang waktu pukul 7 hingga 10 malam. tidak jauh berbeda dengan deskripsi waktu pasar New York di atas. Secara umum setelah selesai sesi overlap itu memang pasar New York cenderung lebih sepi dari sebelumnya. Namun tetap saja seharusnya informasi di sini diberikan dengan lebih akurat lagi agar bisa dipahami dengan lebih jelas dan mudah serta tidak menimbulkan kesalahpahaman.