Advertisement

iklan

Ulasan Saham 18 Juli: Menu Trading Saham Hari Ini

Kami merekomendasikan saham-saham seperti STAR, GPRA, ANTM, INDY, TINS dan GIAA. Apa alasannya dan bagaimana dengan target harganya? simak ulasan lengkapnya.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

IHSG berhasil menguat pada perdagangan Senin (17/07), menjauhi MA5 di level 5,806, dengan ditutup pada level 5,841. Sektor Mining dan Infrastruktur berkontribusi secara positif terhadap IHSG, masing-masing dengan kenaikan +2.08% dan +0.70%, berkat menguatnya harga batubara serta menunggu laporan keuangan di kuartal-II yang akan keluar. Pasar mengestimasi kenaikan laba akan semakin membaik pada emiten Mining.

Lalu saham-saham apa sajakah yang layak untuk dicermati pada perdagangan esok hari (18/07)?

Mari kita simak, pertama di awali oleh saham;

1. STAR (Star Petrochem).

Saham ini cocok untuk one day trade. Dengan kenaikan +11.3%, maka Anda bisa follow kenaikan yang masih akan berlangsung. Harga memotong garis MA5 dan MA50, target di level 88. Waspadai jika harga bergerak di bawah level 73.

2. GPRA (Perdana Gapuraprima).

Harga ditutup sedikit di atas MA5, me-maintain level positif, belum menunjukkan level jenuh beli, karena RSI masih di bawah 70%. GPRA mematahkan rata-rata harga 150 dalam sepekan terakhir. Target selanjutnya ada di 170, OBV bergerak naik dengan MACD tercatat bullish view.
 
3. ANTM (Aneka Tambang).

Chart yang cukup positif bagi ANTM, dengan MACD Golden Cross. Tren jangka pendek bullish, harga ditutup di atas MA5, MA20 dan MA50. RSI mulai rebound, dengan target terdekat ada di 740 dan kemudian 800/ Secara umum ANTM mulai bergerak dari tren sideways-nya ke bullish tren.

4. INDY (Indika Energy).

INDY menembus level MA200. Hal ini diikuti dengan MACD yang mulai bullish seiring garis MACD memotong garis signal, kemudian OBV trendline mulai bergerak up. Target terdekat di 870 dan 920. Waspadai jika harga kembali bergerak di bawah 800.

5. TINS (Timah).

Penurunan harga timah membuat harga saham TINS ikut melorot. Namun, tanda-tanda rebound terlihat dengan penguatan di atas MA5 dan MA20. Harga terindikasi cukup kuat untuk membentuk support baru di atas MA5, RSI rebound di atas level 45.5%, dan MACD terlihat garis sinyal yang bullish. Secara umum, ada perubahan arah dari saham TINS ini. Target di 790 dan 820 untuk TINS, waspadai jika harga kembali bergerak di bawah MA5, tepatnya di 720.

6. GIAA (Garuda Indonesia).

Wow, GIAA berhasil close di atas MA200. Hal yang sudah sangat jarang terlihat sejak tahun lalu. Tahun ini nampaknya GIIA akan berpotensi maintain harga di atas MA20. GIAA akan berusaha break harga 368 dan target selanjutnya di 384. MACD Golden Cross sudah 2 hari, short term bullish view untuk GIAA.

View IHSG

Ulasan Saham 18 Juli: Menu Trading
IHSG mencoba bertahan di level 5,800. Pola sideways sempat berlangsung dalam sepekan terakhir di tengah tekanan jual asing. Namun, level harga berhasil di-maintain di atas MA5, mencoba break R1 di 5,845, dan resistance selanjutnya ada di 5,915.

MACD saat ini akan Golden Cross, menandakan adanya pola bullish dalam jangka menengah, di samping RSI sudah bersiap untuk kembali uptrend dari sebelumnya terlihat datar-datar saja. Peluang penguatan cukup terbuka untuk perdagangan esok hari (18/07). Secara umum, tren IHSG bearish, namun ada perubahan tren menuju bullish ke depannya.

Arsip Analisa By : Aditya Putra
279603

Aditya Putra telah aktif di dunia saham selama lebih dari 6 tahun dan hingga saat ini masih menjadi seorang Equity Analyst di perusahaan sekuritas. Aditya menyukai Value Investing, selalu berhasrat menemukan 'Hidden Gems' di saham-saham Small Caps Indonesia, dan terus mengamati saham-saham yang 'salah harga'.