OctaFx

iklan

Corona Mengganas, Manfaatkan Saham Dengan Dividen Tertinggi

Pandemi virus Covid-19 menjangkiti hampir seluruh sektor perekonomian global. Sebagai investor, Anda dapat memanfaatkan momentum ini untuk berburu saham dengan imbal hasil dividen tertinggi.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Kasus pandemi Covid-19 tidak hanya membayangi kehidupan riil, tetapi pasar saham pun terkena imbasnya. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diketahui telah turun sebanyak -21.90% YTD menjadi Rp4907.5 saja.

Sebagai seorang investor, saat-saat seperti ini justru sering dijadikan sebagai momen pencarian saham-saham baik berfundamental bagus. Salah satu cara untuk mengetahui suatu saham berfundamental baik adalah dengan melihat apakah emiten membagikan dividen atau tidak. (Baca Juga: Jadwal Dividen Saham Indonesia)

Berikut adalah saham-saham dengan imbal hasil dividen (dividend yield) di atas 6%. Daftar saham berikut didasarkan pada last price di penutupan hari Jumat, 13 Maret 2020:

 

Kesimpulan

Dari table di atas, MERK dan MPMX adalah emiten yang telah membagikan dividen dengan imbal hasil terbesar dari seluruh emiten di bursa. Dengan harga saham yang kini hanya Rp1,850, MERK membagikan dividen sebesar Rp2,565. Meskipun demikian, hal tersebut disinyalir tidak akan terulang kembali.

Sementara itu, sumber dana yang dibagikan dalam bentuk dividen adalah hasil penjualan unit usaha. MPMX menjual divisi Federal Oil-nya, sedangkan MERK menjual divisi salah satu obatnya. Kedua emiten tersebut penulis yakini tidak akan dapat membagikan dividen sebesar itu lagi. Jadi, ini merupakan kesempatan emas untuk mendulang imbal hasil tinggi dari dividen emiten-emiten tersebut.

 

Terlepas dari daftar emiten dengan imbal hasil dividen terbaik yang disajikan di atas, sangat disarankan agar pembaca melakukan analisis lanjutan supaya memperoleh saham-saham pilihan yang memenuhi kriteria masing-masing.

Arsip Analisa By : Shanti Putri

Shanti Putri adalah seorang investor agresif mandiri yang merupakan mantan broker di sebuah sekuritas ternama, terutama berkecimpung di dunia saham. Dalam berinvestasi, Shanti melakukan analisa sebelum membeli dan melakukan Averaging selama fundamental masih berada di jalurnya. Sebuah kutipan dari Sun Tzu menjadi panduannya, 'Know yourself, know what you face then you will win in a thousand battles.'