Profil Penulis : Ferdi Jo

Ferdi Jo mulai mengenal forex pada 2006, berawal dari seorang rekan kerja di Departemen IT sebuah perusahaan terkemuka. Setelah menggali pengetahuan selama beberapa tahun, kini Ferdi menjadi trader full-time dengan strategi trading mengandalkan Elliott Wave.
Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Setelah mencapai support kisaran 1446, emas mulai bergerak dalam koreksi bullish didukung oleh permintaan terbatas untuk safe haven.
Emas berjangka tergelincir sampai kisaran 1446 pada pembukaan pasar AS kemarin, karena tekanan Dolar, saham, dan posisi investor yang menunggu pidato dari Presiden Donald Trump.
Emas melanjutkan pergerakan bearish pada awal pekan ini, dan sedang bersiap menghadapi support area 1446.
Pekan ini merupakan yang terburuk bagi emas dalam dua tahun terakhir. Kemungkinan, penurunan emas belum berakhir sebelum menyentuh support kisaran 1450.
Emas konsisten bearish menuju support kisaran 1470, terdorong oleh beberapa faktor global yang mendukung kenaikan tajam imbal hasil obligasi dan indeks saham.
Setelah sebelumnya terjun dari posisi resistance atas 1510, harga emas saat ini bergerak korektif bullish pada kisaran 1486.
Emas bergerak bearish ke area support 1470, seperti yang sudah diperkirakan dalam analisis sebelumnya
Harga emas pekan ini dibuka dengan tarik menarik antara bull dan bear, sehingga emas bergerak sideways pada kisaran di atas 1500.
Pasar tenaga kerja AS masih kuat, ditandai oleh NFP yang dirilis jauh lebih baik dari perkiraan, sementara NFP bulan sebelumnya juga direvisi naik.
Emas terus bergerak bullish, bahkan sampai menembus resistance atas pada kisaran 1510 karena keraguan investor tentang prospek resolusi jangka panjang atas konflik AS-China.
Emas terkoreksi dalam pergerakan bullish pada chart Intraday, tapi diperkirakan akan kembali bearish setelah menyentuh resistance kisaran 1500-1505.
Pergerakan bearish emas terus terkonsolidasi dan memungkinkan untuk bergerak bearish lebih dalam sampai kisaran 1470.
Bergerak korektif bearish di bawah 1500, emas masih didukung sentimen positif. Pasalnya, Fed hampir dipastikan mengumumkan Rate Cut pada pertemuan pekan ini.
Setelah tembusi resistance penting kisaran 1500, emas berhasil bertahan dan membuka peluang untuk mencapai kisaran 160,0 dengan menguji resistance berikutnya di 1520.
Sementara belum ada update signifikan dari katalis fundamental yang dinantikan, emas dengan sigap tembusi resistance penting kisaran 1500.
Key Level pada 1500 dan 1520 untuk pergerakan bullish serta 1470 untuk pergerakan bearish adalah level-level penting yang perlu diperhatikan dalam outlook harga emas saat ini.
Emas masih tetap bergerak sideways di antara level kunci 1473-1500, dengan sentimen bullish yang mewarnai pergerakan jangka pendek
Harga emas tertahan dalam range sempit, di tengah maraknya isu kesepakatan Brexit, Perang Dagang AS-China, dan trend stimulus global.
Emas tertekan dan jatuh setelah PM Boris Johnson mendapat kesepakatan Brexit dengan Uni Eropa. Namun, aksi harga tersebut tidak berlangsung lama.
Walaupun belum sepenuhnya terbebas dari tekanan data ekonomi dan saham AS, emas berhasil tembus kisaran 1500
Meiningkatnya keinginan traders untuk mengambil risiko membuat emas terkoreksi dari hampir seluruh pergerakan bullish awal pekan.
Pergerakan korektif Emas masih tetap menunggu katalis pekan ini, terutama hasil kesepakatan perdagangan AS-China tingkat tinggi.
Emas berhasil menguat ke atas 1500, tapi diperkirakan belum akan bergerak jauh dari area tersebut. Simak analisa selengkapnya di bawah ini.
Menyambut pembicaraan perdagangan tingkat tinggi AS-China pekan ini, besar kemungkinan bagi emas untuk mempertahankan posisinya di area 1500.
Emas lanjut naik dan sudah sampai pada kisaran 1509. Kemungkinan hambatan fundamental akan terjadi besok jika angka NFP dirilis sangat positif.