Advertisement

Harga Minyak Bumi Hari Ini

Tanggal

Komoditas SATUAN +/- +/-(%) HARGA
Brent Crude (ICE) USD/bbl. +0.18 +0.23% 79.40
WTI Crude Oil (Nymex) USD/bbl. -0.11 -0.15% 72.13


Saat ini, terdapat dua harga acuan minyak bumi yang paling banyak digunakan di dunia. Yaitu harga minyak Brent dan WTI (West Texas Intermediate).

Brent (Brent Crude) merupakan sebutan untuk minyak hasil tambang dari Laut Utara (Eropa), dengan nama Brent berasal dari lahan tambang di laut utara, yang dibuka pada tahun 1970.
Harga minyak Brent menjadi dasar pembentukan harga sejak tahun 1971 untuk hampir 40% nilai minyak diseluruh dunia, dan terus digunakan sampai sekarang ini.

Namun, dalam perkembangannya, produksi minyak Amerika Serikat semakin meningkat dan berkontribusi besar dalam pangsa pasar dunia, sehingga harga minyak WTI mulai dijadikan referensi sejak sekitar tahun 2007.

WTI (West Texas Intermediate) adalah minyak bumi yang diproduksi di Amerika Utara, dan dalam aplikasinya kebanyakan digunakan untuk produk bensin. Jenis minyak ini lebih ringan dan mudah diolah, sehingga banyak diminati, terutama di AS dan China.

Selain Brent dan WTI, masih ada jenis-jenis minyak lain yang banyak diperdagangkan di dunia, seperti Dubai Crude (minyak bumi asal Dubai), Oman Crude (minyak bumi asal Oman), Urals Oil (harga minyak acuan ekspor Rusia), dan OPEC Reference Basket (rerata harga minyak yang diekspor negara-negara OPEC). Namun, patokan umum dalam penetapan harga minyak bumi berkiblat pada Brent dan WTI.

Tabel Harga Minyak Bumi Brent Dan WTI


Peluang Trading Forex
Dengan kapitalisasi pasar terbesar yang bergerak 100 hingga 250 pips per hari. Maka Anda bisa mendapat $10-100 per hari, hanya dengan modal $2000-an saja. Plus, Anda bisa melakukan di mana saja dan kapan saja (PC, Android, Tab, dsb). Penasaran?

SHARE:

SHARE:

 
AS Tunda Perang Dagang Versus China, Harga Minyak Terdongkrak AS Tunda Perang Dagang Versus China, Harga Minyak Terdongkrak
By A Muttaqiena, 21 May 2018, In Berita Minyak, View 225
Pelaku pasar menilai, ditundanya perang dagang AS - China berdampak positif bagi harga minyak. Namun, proyeksi harga minyak akan melandai lagi.
Harga Minyak Naik Ke 80 Dolar Gegara Ricuh Sanksi Iran Harga Minyak Naik Ke 80 Dolar Gegara Ricuh Sanksi Iran
By A Muttaqiena, 18 May 2018, In Berita Minyak, View 314
Analis energi ternama memperingatkan reli harga minyak bisa mencapai USD85 per barel pada bulan Juli, di tengah kuatnya kekhawatiran pasar.
Analisa US OIL (WTI) Mingguan: Melemah Di Batas Atas Pola Wedge Analisa US OIL (WTI) Mingguan: Melemah Di Batas Atas Pola Wedge
By Ardi99, 21 May 2018, In Analisa Minyak, View 91
US Oil tampak melemah di batas atas pola Wedge, mengindikasikan harga yang belum mendapatkan tekanan beli.
Dampak Perang Di Timur Tengah Terhadap Harga Minyak Dampak Perang Di Timur Tengah Terhadap Harga Minyak
By A Muttaqiena, 17 Apr 2018, In Artikel Komoditas, View 425
Bagaimana sebenarnya dampak perang di Timur Tengah terhadap harga minyak? Benarkah anggapan bahwa harga minyak naik apabila terjadi konflik geopolitik?
Komentar: 70